Metode Pembelajaran

Posted by Unknown Tuesday, October 1, 2013 0 comments

Pembelajaran Tematik
  • Tema adalah alat untuk mengenalkan konsep, topik dan ide kepada anak secara utuh
  • Fungsi tema :
                 - menyatukan isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh (holistic)
                 - memperkaya perbendaharaan bahasa anak didik
                 - membuat pembelajaran lebih bermakna
                 - membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas
  • Pemilihan tema :
                - kedekatan
                - kesederhanaan
                - kemenarikan
                - keinsidentalan


Pembelajaran Sentra
Pembelajaran sentra dirancang untuk memenuhi kebutuhan bermain dan mengoptimalkan tugas perkembangan anak. Melalui kegiatan bermain penanaman konsep akan mudah dipahami oleh anak usia dini. Sentra yang ada di KBTK Al Hikmah meliputi :

Sentra Bahan Alam
  • Di sentra bahan alam anak mendapat kesempatan untuk mengembangkan pengertian mereka tentang dunia dam alam di sekitarnya. Optimalisasi perkembangan melalui kegiatan bermain sensorimotor lebih dominan tanpa meninggalkan kebutuhan main peran dan main pembangunan.
  • Sentra ini menyediakan permainan pembangunan yang bersifat cair (bahan alam) dalam bentuk eksplorasi di bak pasir, bak air dengan berbagai perlengkapannya seperti alat ukur, benda yang dapat mengapung dan tenggelam, pencampuran warna
  • Pengenalan konsep memalui bermain alam seperti air, tepung, pasir, sabun akan mudah dipahami dan diingat oleh anak.
Sentra main peran (makro dan mikro)
  • Di sentra main peran anak mendapat kesempatan untuk mengembangkan pengertian mereka tentang dunia di sekitarnya melalui peran-peran yang dimainkan. Dimulai dari lingkungan yang terdekat mereka yaitu keluarga hingga lingkungan di sekitar mereka seperti sekolah, pasar, rumah sakit, kantor pos, kantor pemadam kebakaran, pantai/laut, desa, perkebunan
Sentra balok
  • Sentra balok memberi kesempatan anak untuk main bahan pembangunan. Main bahan pembangunan membantu anak untuk mengembangkan ketrampilan yang mendukung tugas-tugas sekolahnya serta mendukung untuk membangun konsep dan sistematika berpikir (Piaget)
  • Manfaat bermain balok secara umum akan memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan :Ketrampilan hubungan dengan teman sebaya, Kemampuan berkomunikasi, Kekuatan dan koordinasi motorik halus dan kasar, Konsep matematika dan geometri, Pemikiran simbolik, Pengetahuan pemetaan, Ketrampilan membedakan penglihatan
Sentra Ibadah
  • Pada sentra ini anak dikenalkan tentang aqidah yang meliputi pengenalan tentang sifat-sifat Allah, ciptaan-ciptaan Allah, rukun iman dan rukun Islam. Di sentra ibadah juga disediakan sarana-sarana ibadah dan aturan-aturan dalam beribadah, misalnya mengajarkan doa sehari-hari, praktek sholat dan praktek wudlu. Akhlak mulia dan nilai moral juga dikenalkan agar menjadi bagian dalam hidup sehari-hari.
Sentra karakter
  • Di sentra ini anak akan dikenalkan dengan nilai-nilai yeng bersifat universal seperti kejujuran, kasih sayang, kesabaran, santun, dermawan. Pengenalan nilai ini dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan melalui bercerita, menonton film, dan bermain kelompok.
Sentra seni
  • Di sentra seni anak akan mendapatkan kesenangan, nilai-nilai estetik dan kerangka berpikir yang sistematis, dengan fokus kegiatan-kegiatan sebagai berikut : Eksplorasi warna, Ketrampilan motorik halus,Proses kreativitas.
  • Adapun ragam kegiatannya menggambar, melukis, origami, menempel, mewarnai, membuat karya
Sentra musik
  • Di sentra musik anak akan mendapatkan kesenangan, nilai-nilai estetik melalui kegiatan bermain music, bernyayi dan bergerak sesuai dengan irama musik
Sentra persiapan
  • Di sentra persiapan anak-anak dipersiapkan untuk membangun kecerdasan dasar dan domain estetik, afeksi, kognisi, bahasa, psikomotor dan social melalui kegiatan keaksaraan dan matematika
Sentra Olah Tubuh (Outdoor Activity)
  • Pada kegiatan ini anak diajak melakukan gerakan dan permainan-permainan yang bersifat fisik untuk melatih kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan tubuh.
  • Bentuk kegiatannya : merayap, merangkak, melompat, berjalan dan berlari dengan berbagai teknik yang bervariasi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Metode Pembelajaran
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tkalhikmahsby.blogspot.com/2013/10/metode-pembelajaran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of KBTK AL HIKMAH SURABAYA.