Pola Asuh untuk Anak Usia Dini

Posted by Unknown Thursday, October 3, 2013 0 comments
Usia awal kanak-kanak atau usia dini, merupakan usia di mana anak berada pada fase eksploratif, di mana anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga ingin mencoba banyak hal. Pada usia ini pola asuh orang tua sangat berpengaruh dalam pembentukan konsep berpikir dan berperilaku pada anak.
Secara umum terdapat 3 jenis pola asuh yang diterapkan orang tua di rumah:

• Pola asuh otoritatif (tertib tanpa kebebasan).
Dalam pola asuh ini, orang tua memegang kendali secara penuh terhadap tindakan anak. Orang tua Memberikan pujian ketika anak melakukan hal baik dan memberikan konsekuensi negatif ketika anak melakukan kesalahan. Anak tidak banyak dilibatkan dalam membuat aturan, tidak banyak penjelasan atau pemberian pemahaman atas segala kebijakan yang dibuat orang tua. Banyak larangan dan aturan yang diterapkan di rumah. Pola asuh ini memunculkan empat tujuan anak berperilaku negatif, antara lain: mencari perhatian, unjuk kekuasaan, pembalasan, dan penarikan diri.

• Pola asuh permisif (bebas tanpa ketertiban).
Pola asuh ini berkebalikan dengan pola asuh otoritatif. Orang tua memberikan kebebasan sepenuhnya pada anak. Tidak ada aturan, larangan, semua keinginan anak dipenuhi oleh orang tua.

• Pola asuh demokratis/dialogis (bebas dengan tertib).
Orang tua yang menggunakan pola asuh ini cenderung menganggap kesalahan anak sebagai kekurangterampilan atau ketidaktahuan anak yang harus diperbaiki dengan tetap berpijak pada kelebihan anak. Orang tua berusaha menerima kekurangan dan kelebihan anak tanpa membanding-bandingkan anak dengan orang lain. Orang tua senantiasa mendampingi tumbuh kembang ananda. Setiap kali ada persoalan, orang tua akan mengajak anak untuk berdiskusi dan menemukan akar masalahnya untuk diselesaikan bersama-sama. Aturan tetap diterapkan, sesuai dengan tahap usianya. Segala konsekuesi dan aturan tersebut selalu didiskusikan dengan anak, sehingga anak memiliki rasa tanggung jawab.

Yang perlu diperhatikan dalam pola asuh adalah, pola asuh dari orang tua atau semua orang dewasa yang berada di rumah harus sama terhadap anak. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk menjaga konsistensi pola pengasuhan.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pola Asuh untuk Anak Usia Dini
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tkalhikmahsby.blogspot.com/2013/10/pola-asuh-anak-usia-dini.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of KBTK AL HIKMAH SURABAYA.